catatan 2010

dah lama banget ga nulis di blog ini..hm..baiklah kali ini aku ingin flashback aja catatan-catatan penting sepanjang tahun 2010.
Januari : hm…yang paling kuinget di bulan ini adalah salah kostum ketika liburan ke air terjun cibeureum, Sukabumi. ya di bulan ini untuk pertama kalinya aku melakukan perjalanan jauh ke tempat yg belum pernah aku kunjungi.

bayangkan aja..aku jalan naek gunung menuju air terjun ini dgn sepatu kuliah -yg super licin- pdhl gi musim hujan dan make baju buat kuliah pula (doh) hihihi…ya beberapa kali hampir terpeleset. Alhamdulillah Allah selalu menjagaku 🙂
di bulan ini pula aku memulai sebuah tekad untuk mengerjakan Studi Mandiri (mini thesisku)
Continue reading

Advertisements

Filosofi Penulisan Thesis Ilmu Komputer

I know..banyak sekali metode ataupun panduan dalam menulis Thesis/Skripsi. Namun filosofi yang diajarkan oleh dosen pembimbing thesisku (M.Rahmat Widyanto, M. Eng.,Dr,Eng. )  ini cukup menarik buatku. Dan saya share tulis lagi biar ingat, ga hilang (maklum catatanku sering menghilang) dan juga bermanfaat buat siapa aja yang maen kesini ^^
hm…Jadi jika digambarkan, struktur sebuah thesis yang ideal menurut sensei ku itu ya seperti gambar diatas. Sebuah piramida.
Pada puncak piramida ada Judul, dibawahnya abstract, kemudian Bab 1 dan kesimpulan dan pada bagian paling bawah Bab 2,Bab 3 dst (content).
Melihatnya kayak gini ni…jadi kalo kita mo baca sebuah thesis pertama akan dilihat adalah judulnya, nah jika kita zoom maka kita akan melihat abstract, kemudian kita zoom lagi maka akan kelihatan Bab 1 dan Kesimpulan, di zoom lagi maka akan kelihatan seluruh isi thesis itu (Bab 2 dst). Jadi thesis itu akan menjadi satu kesatuan yang utuh yang memiliki struktur yang kuat sehingga mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.
Poin-poin pentingnya adalah sebagai berikut : Continue reading

catatan di awal bulan

Hari telah berganti..tak bisa kuhindari…(malah nyanyi) 😀
Waktu emang bergulir sangat cepat sekali ya, masih ingat di awal bulan yang lalu segudang rencana aku targetkan, dan teryata 1 bulan telah berlalu namun masih banyak PR yang belum selesai ~_~
ya…Life is never flat *kayak iklan cemilan favoritku* he46x..
hm…Manusia hanya berencana tapi Allah yang menentukan. Meski aku akui selama 1 bulan kemaren aku belum dapat berusaha secara optimal, namun setidaknya aku telah berusaha untuk menyelesaikan tugas dan amanah yang memang harus aku selesaikan. So..yang sudah berlalu biarlah berlalu..ambil hikmahnya..ambil sisi positifnya dan yang terpenting sekarang, di awal bulan dengan sebuah semangat baru harus berusaha untuk lebih baik lagi..jangan sampai ada waktu yang terbuang sia-sia lagi Photobucket *berlebihan g sih ekspresinya* 😀

naek KRL plg berkesan…

Siang kemaren bersama seorang teman aku berangkat ke kampus UI Salemba. Tujuanku tentu saja bimbingan untuk tesisku sembari berencana pinjem buku di Pepustakaan FK. Maklum…penelitianku ini terkait dengan ilmu kedokteran juga..jdinya mo ga mo juga harus banyak baca buku2 kedokteran yang super tebal itu(-buku Computer science setahuku g ada yg setebal itu deh-). Sementara temenku berniat menjenguk ayah temannya yg sakit di RSCM sekaligus mo tahu jalur ke Salemba cos kebetulan pembimbing keduanya juga dosen FK.
Diiluar dugaan..terjadi gangguan sinyal KRL di stasiun Citayam ato apa y namanya..pokoknya sebelum stasiun Bogor, sehingga jadwal KRL tidak menentu. Perkiraanku saat itu klo naek KRL ke arah kota diatas jam 10 pagi harusnya sudah g serame biasanya. G tahunya begitu KRL Eko AC datang bentuknya dah menyerupai KRL Eko!!! *pintunya yg biasanya tertutup nampak terbuka dengan jubelan orang..bahkan ada yg duduk diatap pula*
Karena hanya itu satu2nya option ya aku and temenku pun naek dan ikut berdesak2 an di dalam KRL. Bener2 pengalaman naek KRL Eko AC plg berkesan deh saat itu..badan ini g bisa gerak..kiri-kanan-depan-belakang dipepet orang..alhamdulillahnya yg mepet ibu2..sepertinya habis Kalibata baru bisa bernafas deh…hufff Continue reading

Hidup dan Pesan Nabi

Pada postingan kali ini aku pingin nge-post-in lyric salah satu lagu Bimbo yang judulnya Hidup dan Pesan Nabi. Bagiku lagu ini sangat mengena di hati dan bagus…pas bgt buat ngingatin diriku sendiri…

Judul Lagu : Hidup dan Pesan Nabi

Penyanyi : Bimbo

Hidup bagaikan garis lurus
tak pernah kembali
ke masa yang lalu

Hidup bukan bulatan bola
yang tiada ujung
dan tiada pangkal

Hidup ini merangkak terus
semakin mendekat ke titik terakhir
Setiap langkah hilanglah jatah
menikmati hidup, nikmat di dunia

Pesan Nabi tentang mati
Jangan takut mati karna pasti terjadi
Setiap insan pasti mati
Hanya soal waktu

Pesan Nabi tentang mati
Janganlah minta mati datang kepadamu
Dan jangalah kau berbuat
menyebebabkan mati

~{}~

Tiga rahasia Illahi
yang berkaitan dengan hidup manusia
Kesatu tentang kelahiran
Kedua: pernikahan
Ketiga: kematian

Penuhi hidup dengan cinta
Ingatkan diri saat untuk berpisah
Tegakkan sholat lima waktu
Dan ingatkan diri saat disholatkan

Pesan Nabi tentang mati
Jangan takut mati karna pasti terjadi
Setiap insan pasti mati
Hanya soal waktu

Pesan Nabi tentang mati
Janganlah minta mati datang kepadamu
Dan jangalah kau berbuat
menyebebabkan mati

Pesan Nabi jangan takut mati
Meski kau sembunyi, dia menghampiri
Takutlah pada kehidupan sesudah kau mati
Renungkanlah itu

Pesan Nabi jangan takut mati
Meski kau sembunyi, dia menghampiri
Takutlah pada kehidupan sesudah kau mati
Renungkanlah itu

Pesan Nabi tentang mati
Jangan takut mati karna pasti terjadi
Setiap insan pasti mati
Hanya soal waktu

Mengatasi masalah Pada Canon iP1980

Buat yang hoby nyuntak-nyuntik tinta khususnya pada printer Canon pixma pasti sering banget deh ngalamin kondisi kayak gini : habis disuntik isi ulang..si printer g mo jalan hanya kedap kedip power (kuning keijoan sekali then lampu orange 3 x kedap-kedip ga karuan) yang intinya bikin kita g bisa nge-Print karena si catridge ga mo kedetect…
And solusi klasiknya biasanya adalah reset manual seperti yang dah banyak banget di share di berbagai forum. Nah untuk kejadianku kali ini teryata ErrOr nya rada beda…jdi ketika sudah sukses di RESET manual..ada pesan error yang menyatakan bahwa si printer tidak dalam kondisi Online alias Nyala Photobucket
jdnya meski dah diRESET jutaan kali jga ttp g mo dipake….sabar…sabar…sabar…puasa…puasa…puasa 😀
problem kali ini bener2 ampe membuatku rada pusing jga..cos semua cara yg disarankan dari hasil googling dah dicoba tpi ttep aja gagal….
teryata…setelah seharian berkutat..sampe duduk manis di bawah meja bongkar pasang printer *rada berlebihan sih* solusinya gampang bgt!!! halah..halah…
Jadi kayak gini nih caranya.
1. RESET Manual Canon ip1980
..caranya pasti byk yg dah tahu kan ? aku tulis aja deh siapa tahu ada yg lum tahu..
-unplug Kabel power Printer
-tekan tombol power sambil nyolokin kabel power ke saklar
-masih sambil nekan tombol power (yg warnanyanya kuning keijoan itu) tekan tombol RESET 2 x then lepas tombol power scara bersamaan .
sampe sini idealnya fine2 aja..klo kasusnya kayak printerku hari ini dmana habis reset printer ttp g bisa dipake..maka lanjutkan ke langkah ke-2.

2. Install Ulang Driver
sebelum install ulang driver printer pastikan uninstall dulu driver printer seblumnya and bersihkan sampe ke registry-nya.Buat bersihin registry bisa pake Tune Up ato CCleaner. nah klo udah baru di install lagi kayak biasa.
klo udah, nyalain printer..klo ttp kedap-kedip  lakukan RESET manual lagi .
Beres deh Photobucket
Klo teryata tintanya g mo rata..ada garis2nya gitu…lakukan maintenance dengan mengklik tombol Cleaning pada menu Maintenance ampe hasil print normal kayak biasanya 🙂
oia..jangan lupa habis nyuntik tintanya…bersihin head catridge nya dgn tisu basah…ngaruh jga teryata…
ya…hanya gitu aja teryata 😀

17 agustus-an ku

Mungkin buatku 17 Agustus kemaren bakal jadi salah satu hari yang g mungkin terlupakan sepanjang hidupku. Bagaimana tidak? Ketika mungkin sebagian orang di negeri ini merayakan 17 agustus dgn upacara-lomba2 maupun just nonton upacara kemerdekaan di rumah aja…aku bersama seorang sahabatku malah berencana untuk berbelanja di Tanah abang Photobucket
y..dan sepertinya nasibku hari itu memang sudah dimulai dari pagi hari *termalas* selama ramadhan ini…habis sahur dgn suksesnya aku tertidur shg shubuhnya kesiangan..hbis shubuh bukannya ngaji kayak biasanya tapi malah melanjutkan tidur Photobucket Continue reading