Ontologi

Pasti masih jarang banget y ..dengerin istilah ini, tapi kalo pernah belajar knowledge managemen, pasti dah pernah denger istilah ini 🙂

Oke ini faiz kasih preview about Ontologi yang faiz ambilkan dari dasar teori skripsi sahabat faiz (Nopi, how are you?)

Ontologi berasal dari istilah philosophy, dimana ontologi diartikan sebagai cabang ilmu dari metafisika yang berhubungan dengan alam dan relasi-relasi yang dimilikinya (Merriam-Webster’s Collegiate Dictionary, 2002).

Marko, dkk (2002) dalam artikelnya yang berjudul ”Transforming the World Wide Web into a Complexity-Based Semantic Network” menjelaskan pengertian ontologi menurut Tom Gruber yaitu :

  1. Ontologi adalah suatu spesifikasi formal dan eksplisit dari konseptualisasi yang dapat dibagi.

Yang dimaksud dengan konseptualisasi adalah suatu model abstrak dari fenomena-fenomena yang ada pada dunia nyata. Sedangkan kata eksplisit menunjukkan bahwa tipe dari konsep-konsep yang ada berikut relasinya didefinisikan secara terbuka dan dengan tujuan tertentu. Kata formal merujuk pada fakta bahwa suatu ontologi haruslah bisa dibaca dan diakses oleh mesin (machine-readable and accessible). Konseptualisasi tersebut dapat dibagi karena ontologi menangkap pengetahuan-pengetahuan yang telah disetujui oleh suatu kelompok.

 

2. Ontologi merupakan suatu deskripsi dari konsep-konsep dan hubungan-hubungan yang mungkin ada bagi sebuah agent ataupun komunitas agent.

 

Pengertian ontologi seperti yang telah dijelaskan oleh Tom Gruber tersebut tidaklah mutlak. Terdapat beberapa pengertian lain yang telah didefinisikan oleh pada ahli ontologi, diantaranya yaitu pengertian menurut Smith B. (2005) yang menjelaskan bahwa :

  1. Ontologi adalah ilmu tentang definisi, jenis, dan struktur dari obyek, properti-properti, kejadian-kejadian, proses-proses dan relasi-relasi yang ada dalam setiap area kenyataan.

  2. Untuk sebuah sistem informasi, ontologi dapat diartikan sebagai suatu representasi dari beberapa keberadaan awal domain kenyataan, dimana ontologi tersebut :

    • Merefleksikan properti-properti yang dimiliki oleh obyek dalam domain dengan suatu cara tertentu sehingga dihasilkan suatu korelasi sistematik antara kenyataan dengan representasi itu sendiri.

    • Dapat dimengerti oleh domain expert.

    • Cara penyusunannya memungkinkan ontologi tersebut untuk mendukung pemrosesan informasi secara otomatis.

 

Ontologi menjelaskan berbagai macam hal yang ada dalam suatu domain masalah, termasuk di dalamnya properti, konsep, aturan, serta bagaimana relasi-relasinya, dimana penjelasan tersebut akan mampu mendukung model referensi standar yang dibutuhkan dalam integrasi data.

Suatu ontologi akan memodelkan konsep-konsep dan hubungan-hubungan yang dimilikinya. Karena itu ontologi merupakan suatu cara yang tepat untuk mengatur formulasi query dan rekonsiliasi semantik pada lingkungan informasi terdistribusi yang luas. Ontologi bisa menangkap struktur maupun semantik dari lingkungan informasi, sehingga suatu “search-engine” yang berdasarkan ontologi akan mampu menangani baik itu query yang berdasarkan keywords sederhana maupun query kompleks terhadap data terstruktur. Interoperasi yang berdasarkan ontologi juga baik digunakan saat harus berhubungan dengan semantik yang inkonsisten. Suatu ontologi akan menyediakan pemahaman umum yang telah disepakati mengenai suatu domain, dimana pengetahuan ini dapat digunakan kembali ataupun dibagi oleh berbagai aplikasi maupun kelompok

Masih jarang banget lho..skripsi yang ambil tema ini, so coba deh belajar ontologi… tungguin aja deh kupasan about OnTologi 🙂

Advertisements

23 thoughts on “Ontologi

  1. misalkan Ontologi dimodelkan dalam pembagian staff dalam suatu perusahaan 🙂
    model ontologi ini ntar dapat menjawab query-query mengenai staff perusahaan tersebut.

  2. Pingback: T U G A S U J I A N A K H I R S E M E S T E R 2 M A T A K U L I A H F I L S A F A T L A N D A S A N O N T O L O G I, A K S I O L O G I D A N E P I S T E M O L O G I D A L A M M A N A J E M E N D A N P E R E N C A N A A N S T R A T E G I S « Aditya A

  3. Pingback: T U G A S U J I A N A K H I R S E M E S T E R 2 M A T A K U L I A H F I L S A F A T L A N D A S A N O N T O L O G I, A K S I O L O G I D A N E P I S T E M O L O G I D A L A M M A N A J E M E N D A N P E R E N C A N A A N S T R A T E G I S « Aditya A

  4. Pingback: UJIAN AKHIR SEMESTER 2 M A T A K U L I A H F I L S A F A T L A N D A S A N O N T O L O G I, A K S I O L O G I D A N E P I S T E M O L O G I D A L A M M A N A J E M E N D A N P E R E N C A N A A N S T R A T E G I S « Aditya Adnyana Blog's

  5. Pingback: Filsafat Ilmu | sukmawinarya

  6. Pingback: Filsafat Ilmu | Bali Tourism Scholars

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s